Rupa - Rupa

Kamis, 17 Januari 2019

Tutorial Menghubungkan Mesin photocopy iR Dengan Computer



Kecangihan teknologi saat ini tidak mentok pada satu perangkat saja, contohnya mesin photocopy yang terus berinovasi menyesuiakan zaman, tehnologi sangat membantu kita menjalankan/menyelesaikan aktifitas sehari-hari dengan mudah dan berkualitas.
Lalu apa inovasi /teknologi di bidang mesin photocopy ?
Mesin photocopy canon iR saat ini sudah di lengkapi dengan slot USb dan LAN Slot, yang artinya membuat pekerjaan kita lebih gampang untuk menyelesaikan pekerjaan dibidang percetakan , dengan menghubungkan mesin Canon iR ke Computer adalah langkah maju yang kita ambil jika sewaktu-waktu printer error,atau bisa juga di sebagian mesin untuk melakukan Save file ke Memory/flashdish namun hanya tipe tertentu saja.
lokasi Slot lan dan Usb
Pembahasan kita kali ini bagaimana cara menghubungkan computer ke mesin photocopy dengan mudah, sehingga mesin photocopy juga berfungsi menjadi printer.
Langkah - langkah yang perlu kita persiapkan sebelum menghubungkan computer ke mesin photocopy ialah :
-          Memiliki kartu LAN (Local Area Network)
-          Lengkapi computer dengan Tp Link LAN (Local Area Network)
-          Kabel LAN untuk Coneksi ke computer > Mesin photocopy
-          Donwload driver sesuai dengan jenis/tipe mesin yang kita pakai.
Ketika sudah siap hadwere dan sofwere tersebut kita masuk ke settingan  Ip addres pada computer, contohnya :
-          Ip                           : 111.222.112.113
-          Subnet Mask          :  255.255.255.0
-          Gateway Address  :  192.168.1.1
Cara setting IP address sebagai berikut :
Layar Mesin Canon iR6570
-          Tekan Tombol Additional Fuction > System Setting  > Network Setting > Tcp/ Ip Setting
Kemudian isikan  > Ip > Subnet Mask > dan Gateway Address Sesuai dengan tipe mesin yang kita pakai.
-          Selanjutnya jiak sudah terisi tekan Ok > Done > Done (sehingga kembali ke tampilan awal), ready to copt dan restar mesin tersebut.
Jika langkah di atas sudah kita lakukan step by step dengan benar terutama setting IP(Alamat atau identitas ) silahakan di coba dengan test koneksi antara ke duanya dengan cara menekan tombol Windows dan “ R” pada keyboard computer secara bersamaan maka akan muncul jendela kecil.
Contoh lihat gambar :
     
Windows + R
-          Ketik : ping 192.168.8.5- t kemudian tekan Enter / Ok
-          Jika ada tulisan  Reply from 192.168.1.5 maka telah berhasil terjalin coneksi mesin photocopy dengan computer.
Langkah selanjutnya adalah setting pada Pc :
Donwload driver canon sesuai tipe mesin anda > Instal driver tersebut ke Pc > Klik Star> Control Panel > printer and  Faxes.lalu pilih Add A printer atau file > Add printer – Klik Next > pilih tipe koneksi printer  dengan cara di atas berarti pilih (Lokal printer/Network printer). Lalu cari “ local > printer attached to this computer) – biarkan terconteng di Automatically detect”.
Klik > next jika sudah di temukan jenis mesin anda > Ok > bila tidak di temukan maka pilih Port untuk menyambungkan secara manual.
Ada beberapa jenis kabel LAN, bila mengunakan kabel Lan Paralel LPT1 (jenis songket besar ) maka pilih > “LPt1 ( Recommended Printer Port)”  lalu NEXT. namun bila kita mengunakan kabel Network (LAN) songket kecil maka pilih  “create a new port ” lalu “Standard TCP?IP port”  > lalu klik NEXT > kemudian akan mucul “ Add Standard TCP/IP printer port Wizard”, Next isikan Nama dan Ip Address dengan Ip pada mesin kita masing-masing, contoh : 192.168.00.) klik next 2 kali lalu Finish.
Catatan :
-          pilih Canon manufacturer, pada printer cari dan pilih “Canon Ir sesuai tipe Mesin lalu > klik NEXT > pilih “Keep existing driver” Next > beri Nama printer , (Contoh Ir 6570) lalu “YES”.
-          Jika menjadikan Default printer maka Klik > “Do not share this printer” jika tak ingin di bagikan > next > selesai.
-          Jangan print test page bila mesin belum terkenoksi dengan benar.
Setelah semua instalasi di lakukan dengan benar antara mesin dan computer lalu coba print test page, jika tidak ada kekeliruan pasti bisa………….
Selamat anda sukses menjadikan  mesin photocopy jadi dwi fungsi digital dan manual…
Nb: selalu teliti dalam pemasangan Hardwere dan instalasi sofwere……..





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tutorial Menghubungkan Mesin photocopy iR Dengan Computer

Kecangihan teknologi saat ini tidak mentok pada satu perangkat saja, contohnya mesin photocopy yang terus berinovasi menyesuiakan zama...